Motivasi: Bersyukur Atas Kesalahan


Kesalahan? Semua pasti pernah melakukan kesalahan. 'Cause nobody perfect! Dan hasil dari kesalahan adalah perasaan bersalah, keterpurukan, dan penyesalan. Hal itu wajar. Hampir kita semua pernah mengalami. Tapi bagaimana cara menyikapi kesalahan itu?
Ya bersyukur. So simple kan?! Loh koq bersyukur?! Ya, tetap syukuri saja........ Pasti ada hikmah yang bisa diambil dari kesalahan itu juga kan!?

Mari kita lihat ke belakang! Coba kita ingat kembali apa saja kesalahan yang telah kita lakukan di masa lalu atau kemarin atau barusan. Apa kita menyesali perbuatan tersebut? Apa kita merasa bersalah? Apa kita pernah berjanji untuk tak mengulangi hal yang sama?

Dan sekarang coba kita lihat kehidupan kita sekarang! Bandingkan kita yang lalu dan sekarang atau hari ini. Ya, mungkin tidak banyak yang berubah. Lihat perbedaan antara kita yang melakukan kesalahan dan menyesal dimasa lalu dan kita yang sekarang. Bagaimana hasilnya? Adakah lebih baik? Atau masih sama saja?
Apa kau mencintai kehidupanmu yang sekarang? Apa kau mensyukuri apa yang kau miliki sekarang? Atau malah merasa semakin terpuruk?! Masih dihantui penyesalan dan rasa bersalah?! Bertanyalah pada hatimu!

Intinya adalah apapun yang kita lakukan dimasa lalu, kesalahan ataupun kebaikan itu telah BERLALU! Ingat sudah BERLALU, sudah lewat! Mau disesali sesesal-sesalnya pun waktu itu tidak akan kembali.
" Ingat, kita tidak akan menjadi seperti sekarang, tanpa melewati masa lalu "

Tapi bagaimana kalau sekarang kita justru terpuruk karna kesalahan yang kita lakukan itu!? Eits, tetap jangan menyerah! Jadikan itu pelajaran dan pengalaman hidup kini supaya kelak tidak kembali mengulangi hal yang sama. Sejahat apapun kita dulu, seberat apapun kesalahan kita, kita masih bisa memperbaikinya selagi masih ada waktu. Jadi jangan terlalu larut dalam penyesalan dan rasa bersalah ya! Dari pada terus meratapi lebih baik kita bangkit dan perbaiki semuanya. Ayo mulai kembali dari awal. Selagi masih ada hari esok, kita masih punya kesempatan. Semangat! 😊✌️

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Wo Yi Wei (我以为) Lirik & terjemahan

Cinta Apa Adanya

Poem: Malam