Hidup Tidak Adil...?!


Hai Readers, 

Pernah dengar ada yang bilang "Hidup itu tidak adil"?! Bukan lagi pernah tapi sering sepertinya ya! Malah sering kali diri sendiri juga berpikir demikian. Lalu apa yang tidak adil?! Jawabannya pasti banyak. Tapi kalau dipikir-pikir lagi sebenarnya tidak ada yang tidak adil. Hidup memiliki hukum alamnya sendiri.
Ketika kita diharuskan terus berbuat baik kepada orang yang sudah jahat sama kita. Kebanyakan berpikir 'ini tidak adil'.
Ketika kita baik sama orang terus hanya sepatah kata orang itu menjauhi n' memusuhi kita, kita juga merasa 'ini tidak adil'.
Perbedaan sikap seseorang/atasan/keluarga terhadap kita dan yang lain, kadang juga membuat kita merasa ini tidak adil.
Namun pernahkah kita melihat bagaimana dengan sikap kita pada orang lain? Apakah kita cukup 'adil' dengan mereka? Kita tidak pernah tahu, karna kita tidak bisa menilainya sendiri. Meskipun kita merasa kita sudah cukup baik pada mereka, tapi belum tentu mereka berpikir demikian. Apalagi manusia itu cepat sekali berubah.
Kembali pada hidup kita sendiri. Apa kita juga salah satu yang merasa bahwa hidup ini tidak adil? Jika ya, coba pikirkan bagian mana yang membuat kita merasa demikian.
Terus terang, dulunya diri ini pun selalu merasa demikian. Namun dewasa ini, justru semakin sadar. Lebih bisa membedakan mana itu yang tidak adil.
Yang paling sering ialah melihat hidup orang lain begitu mudah dan enak, sementara hidup sendiri yang sudah kerja keras tapi tetap begitu-begitu saja. Kalau dulu langsung pesimis dan berpikir ini ga adil. Tapi sekarang berpikir lebih positif,  mungkin karna orang itu sudah berusaha keras sebelumnya, ia lebih banyak memberi, ia lebih giat, ia menghabiskan lebih banyak waktu kerja dan bla bla. Sementara melihat diri sendiri kerjanya santai sekali dan banyak mainnya.
Tidak ada yang tidak adil. Masing-masing sudah mendapat porsi susah-senangnya. Hanya bagaimana kita bersikap dan waktu akan menjawabnya.
Percayalah, semua ketidak-adilan yang kita pikirkan akan menjadi adil akhirnya. Alam memiliki hukumnya sendiri. Apa yang kita lakukan kepada orang lain, nantinya akan kembali ke kita juga. Begitu juga sebaliknya, orang-orang yang memperlakulan kita tidak baik nantinya juga akan merasakan hal yang sama. Makanya kita harus tetap bersikap baik dan memaafkan mesti dijahati, ya mesti tidak adil. Jadi jika masih ada yang merasa hidup ini tidak adil, bersabarlah! Tunggulah, jangan kotori hatimu dengan sampah yang sama. Hidup mungkin kadang tidak adil, tapi karma selalu adil.

Jangan lupa tersenyum 😊

First post on 1st August 2020
Writer @erizayuu

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Wo Yi Wei (我以为) Lirik & terjemahan

Cinta Apa Adanya

Poem: Malam